DO NOT MISS

Kebiasaan SMS-an Bikin Otak Kreatif





Sebagian orang menganggap kebiasaan berkirim pesan singkat atau SMS bisa merusak tatanan bahasa dan menghasilkan generasi yang 'buta' bahasa. Tidak demikian menurut ilmuwan asal Kanada.


Tiga ilmuwan dari Simon Fraser University, Universite de Montreal dan University of Ottawa melakukan studi mengenai kebiasaan berkirim SMS. Hasilnya, mereka sependapat bahwa berkirim SMS memancing orang lebih kreatif.


Christian Guilbault dari Simon Fraser University dan dua rekannya bermaksud mencari tahu bagaimana kebiasaan SMS mempengaruhi cara menulis orang-orang Kanada, melalui proyek penelitian yang diberi nama Text4Science.


"Banyak orang berpikir, kemampuan berbahasa menjadi terkikis dan semakin memburuk karena SMS. Generasi muda pun dikatakan tidak tahu bagaimana mengeja sebuah kata. Menurut kami itu tidak benar," kata Guilbault.


Seperti dilansir The Globe and Mail, Selasa (10/4/2012), Guilbault dan rekannya justru ingin menganalisa bentuk komunikasi baru ini untuk memperlihatkan kreativitas pengguna ponsel dalam menggunakan bahasa.


Proyek penelitian yang dimulai sejak Desember ini, mengumpulkan lebih dari 8.000 SMS berbahasa Inggris untuk dianalisa. Temuan awal penelitian ini memperlihatkan, para partisipan umumnya menggunakan 10 cara berbeda untuk menyatakan sebuah ungkapan.


Misalnya, untuk sesuatu yang sangat lucu, mereka punya berbagai cara mengungkapkannya, termasuk tiga varian 'LOL' alias Laughing Out Loud. Contoh lain kata 'Ok', dalam bahasa SMS bisa diungkapkan dengan 12 cara berbeda, misalnya 'okay' dan 'k'. Kata 'see you', lebih sering diungkapkan dengan 'c u'.

100 Jam Demi Sepasang Selop


 
Di bawah redupnya cahaya sebuah lampu, Robert Sng menjahitkan manik-manik kaca mungil ke kanvas
Seorang perajin asal Singapura menekuni seni “kasut manek” yang hampir mati dan menjelaskan kenapa butuh waktu sangat lama untuk memproduksi sepasang selop manik tradisional.


 
Perlu kesabaran tanpa batas dan tangan yang tak mudah gemetar untuk menyelesaikan rancangan manik-manik ini.
Perajin berusia 61 tahun itu tampak tersenyum puas. Ia duduk di atas meja tua, jari-jari tangannya memegang-megang potongan kain kanvas yang dihiasi manik-manik warna-warni.

“Ini proses yang sangat sangat lambat,” katanya sambil menusukkan jarum ke kain, “Anda hanya bisa menyelesaikannya jika Anda menikmati pekerjaan ini.”

Saat ia menarik benang, pecahan kecil kaca pun “mengambil tempatnya” di tengah pola rumit berbentuk bunga dan burung.

Meski ukuran desain ini tak lebih dari permukaan tangannya, ia sudah menghabiskan tiga minggu untuk mengerjakannya.


 
Jika Cinderella punya sepatu kaca, maka para nonya punya sepasang selop manik jahitan tangan.
“Sekali bekerja, saya berkonsentrasi pada tiga baris manik, itu berarti dua jam sekali duduk,” kata Sng. “Jika saya duduk lebih lama, mata saya akan lelah dan otot leher mulai sakit.”

Setidaknya butuh satu minggu lagi sampai karya besar ini selesai. Sesudahnya, Sng akan membawa hasil kerjanya ke perajin sepatu yang akan membuat suatu produk akhir: selop manik tradisional atau kasut manek.

Beberapa dekade lalu, kasut manek ini adalah alas kaki pilihan di kalangan peranakan Melayu-Cina di Singapura dan Malaysia.

Dengan pola-pola rumit, alas kaki ini akan melengkapi gaya pakaian sekaligus menaikkan status sosial pemakainya yang biasanya adalah orang kaya. Sejak 1930-an sampai pertengahan abad lalu, kerajinan menghias selop manik adalah cara menghabiskan waktu dan kemampuan yang harus dimiliki oleh wanita.


 
Sng menunjukkan karya yang sedang ia kerjakan ke turis-turis asing di tokonya
asut manek begitu populer sampai-sampai perempuan Peranakan — atau para nonya — memiliki satu pasang kasut yang cocok untuk setiap acara dan kesempatan.

Sayangnya, seiring zaman berlalu, gaya hidup yang sibuk tak menyisakan waktu untuk aktivitas semacam ini. Sekarang, membuat selop manik adalah hobi yang cukup aneh di antara sedikit orang Singapura.

Sng memang bukan keturunan peranakan, tapi melihat tetangganya yang sudah tua membuat selop manik ini adalah ingatan masa kecilnya yang paling kuat.

Hobi ini ia jalani saat berkarir sebagai pramugara. Setelah pensiun, ia melanjutkan membuat karya-karya seni ini di toko suvenir antiknya. Meski sepasang kasut manek selalu berharga tinggi, Sng tak menghasilkan banyak uang dari hobi ini.

“Selop-selop saya harganya antara S$ 700-900 tergantung desainnya. Terdengar sangat mahal, tapi butuh 100 jam untuk menyelesaikan sepasang selop,” kata Sng.

Dalam tiga bulan terakhir, ia hanya berhasil menjual sepasang selop.

“Anak-anak muda sekarang lebih memilih belanja tas kulit bermerek,” ujar dia. Maka itu, Sng harus mengisi tokonya dengan barang-barang lain yang lebih mudah terjual.

Walaupun sedikit permintaan, Sng tetap berniat untuk menekuni selop-selop ini selama ia menikmatinya.

“Betul-betul tidak ada keuntungan dari mengerjakan ini,” Sng mengakui. “Buat saya ini sekadar aktivitas pensiunan. Sesuatu yang saya cintai dan pembuka percakapan,” katanya menambahkan.

“Turis-turis datang ke toko saya dan menanyakan apa yang saya kerjakan -- sebuah kesempatan buat saya untuk menunjukkan sedikit budaya kami ke mereka.”

Fakta Menarik Seputar Foursquare



Foursquare merupakan media sosial berbasiskan lokasi nomor satu di dunia. Media Sosial yang satu merupakan salah satu ancaman bagi Facebook dan juga Twitter. Dan inilah beberapa fakta menarik tentang foursquare.

16 April
16 April adalah hari Foursquare. dan sebenarnya foursquare itu terdiri dari 2 makna, yaitu four (4) dan square (16). Sehingga walikota New York, Michael R. Bloomberg menetapkan bahwa hari tersebut adalah hari foursquare. Dan pada hari tersebut tercatat ada 3 juta check-in dalam satu hari.

Pertumbuhan yang Cepat
Angka pertumbuhan foursquare semakin hari semakin cepat. Dahulu foursquare membutuhkan waktu selama 5 bulan untuk mendapatkan 100 ribu anggota dan 7 mingu untuk 1 juta anggota.
Pertumbuhan yang Internasional
Ada sekitar358 juta check-in yang dilakukan di luar Amerika Serikat.
Ronald Reagan
Seorang pakar teknologi bernama Tim O’Reilly memberikan gelar khusus bagi Ronald Reagan. Karena dia menganggap Reagen berperan besar dalam dibukanya jaringan GPS pemerintah Amerika Serikat untuk digunakan oleh sector swasta.
5 Bahasa Baru
Foursquare telah diterjemahkan pada lima bahasa baru, yaitu Spanyol, Perancis, Jerman, Italia, dan Jepang.
10 Juta Anggota Baru Di Akhir Juni
Akhir-akhir ini foursquare telah memiliki anggota baru sebanyak 10 juta anggota dan anggotanya akan terus bertambah seiring berjalannya waktu.
7 Negara Pengakses Foursquare Terbesar di Dunia
diantaranya Indonesia, Kanada, Amerika Serikat, Australia, Inggris Raya, Perancis dan Jerman. Itulah data-data yang berhasil saya dapatkan dari Google Trends.

5 Robot Terpintar di Dunia

Perkembangan teknologi robot kian menakjubkan. Tak heran jika beberapa robot masa kini bisa bertindak seperti manusia.


Robot canggih masa kini banyak dikembangkan di negara pusat teknologi seperti Amerika Serikat dan Jepang. Beberapa dirancang untuk membantu tugas keseharian, bahkan ada pula yang dibuat khusus untuk menjadi teman hidup manusia.

Berikut daftar beberapa robot yang dikategorikan sebagai yang terpintar, seperti:

Asimo


Asimo adalah kependekan dari Advanced Step in Innovative Mobility. Robot ini diperkenalkan pertama kali oleh Honda di tahun 2000. Ia didesain dapat beradaptasi di dunia nyata dan mampu berjalan dengan kedua kakinya.

Asimo bisa mengenali obyek bergerak, suara dan wajah manusia. Matanya berupa dua buah kamera untuk mendeteksi lingkungan serta menentukan jarak atau arah ke suatu tempat. Asimo bisa mengikuti seseorang dan mengintrepretasi perintah suara serta gerakan tangan. Jadi dia bisa merespon jika ada yang ingin menjabat tangannya.

Roxxxy


Bagi sebagian pria, 'wanita' ini mungkin cukup sempurna. Berat dan tinggi badannya ideal, wajahnya tak mengecewakan. Ia bisa ngobrol dengan pasangannya nyaris tanpa henti. Selama baterai belum habis, ia bisa diajak berhubungan intim kapan saja.

Ya, dia memang bukan manusia melainkan Roxxy, robot seks canggih pertama di dunia yang dulu peluncurannya begitu menghebohkan. Dengan komputer di tubuhnya, Roxxxy dapat berbicara, bahkan dibekali 5 jenis kepribadian. Ia memiliki sensor di tangannya dan di area genital. Jika disentuh, Roxxxy pun bakal bersuara. Dan sesuai 'kodratnya' sebagai robot seks, Roxxxy juga mampu menirukan orgasme.

Murata


Murata Girl, demikian nama robot asal Jepang ini. Bentuk fisik robot ciptaan perusahaan Murata Manufacturing itu seperti anak kecil. Ia mempunyai semacam sensor untuk menjaga keseimbangan tubuhnya sehingga mampu mengendalikan sepeda roda satu ke arah depan dan belakang.

Murata Girl adalah 'saudara' Murata Boy, robot ciptaan Murata Manufacturing di tahun 2005. Namun Murata Boy sepertinya kalah canggih ketimbang Murata Girl karena 'hanya' mampu mengendalikan sepeda roda dua. Sebuah mata elektronik yang terbuat dari sensor ultrasonik bakal memberitahu si robot agar tidak menabrak sesuatu saat sedang asyik bersepeda. Sementar otak robotiknya membantu untuk mengubah arah sepeda.

Violin Robot


Sesuai namanya, Violin Robot adalah robot canggih yang bisa memainkan biola. Pembuatnya adalah Toyota, produsen mobil raksasa asal Jepang. Jari-jari si Violin Robot dapat dengan lincah memainkan biola dan melantunkan nada dengan harmonis.

Robot setinggi 152 centimeter itu bisa berjalan tegak. Bahkan sebelum mulai memainkan biola, dia dapat memberikan salam berupa lambaian tangan kepada para penonton yang hadir untuk melihat kebolehannya.

HRP-4C


Tidak saja bisa berbicara menyapa para hadirin, robot cantik bernama HRP-4C tersebut juga diprogram sedemikian rupa sehingga gerak gerik tubuhnya mirip dengan model manusia sungguhan. Ya, ia dirancang untuk peragaan busana.

Dengan tinggi sekitar 158 cm, fisik HRP-4C mirip dengan perawakan wanita Jepang pada umumnya. Menurut para pembuatnya, bentuk si robot terinspirasi dari karakter di komik manga.Ia dikembangkan oleh National Institute of Advanced Industrial Science and Technology

Topio


Topio adalah robot humanoid yang didesain mampu menjadi atlet ping pong nan handal. Ya, robot asal Jepang ini dapat menjadi lawan yang cukup berat di meja pingpong.

Kepanjangan Topio sendiri adalah Tosy Ping Pong Playing Robot. Topio memang memiliki kecerdasan buatan yang cukup maju sehingga bisa meningkatkan skillnya dengan terus-terusan main ping pong.

Yurina


Robot Yurina ini dirancang untuk membantu para manula. Pembuatnya, Logic Machine menyatakan si robot sudah digunakan di rumah sakit Osaka di mana ia bisa mengangkut pasien ke tempat lain. Juga bisa membantu mandi dan mengganti popok

Si robot dapat diperintah dengan suara ataupun layar sentuh. Pengoperasiannya pun mudah, bahkan oleh orang yang sudah lanjut usia sekalipun.

Mobil Mobil Unik yang Berjalan Diatas Kereta Api



“hy-rail” atau “hi-rail”. Adalah sebuah kendaraan yang selain bisa digunakan di jalan raya, tapi juga bisa di kendarai di atas rel kereta api. (wooww..)

ini sebuah ide yang cukup keren n’ unik, karna seperti yang kita tau, hari gini kan macet dimana2, jadi bisa jadi alternatif menghindari macet lewat rel kereta. Sayangnya di indonesia kaya-nya belum ada deh, lagi-an kalo ada mau dipake dimana coba, yang ada nanti di seruduk kereta beneran
kereta api eropa menggunakan unimog u-400

hi-rail bnsf chevy:

hi-rel mack r-600 dari 1979:

hi-rail western star utility truck, ontario, 2000.

mafsa ipv bi-modal truck:

vintage hi-rail
jalan-rail kendaraan, gagasan insinyur kereta api jaman dulu:

railbus di latvia, 1934:

willys jeep 1951, 4×4

“warsawa” rel-mobil dari hungaria, 1952:

hy-rail checker marathon 1961 :

di jerman pada tahun 50-an, bus ini bolak-balik antara stasiun montabaur dan siershahn:

kendaraan rel dari rusia yang kata-nya kaya monster:
ba-64 kendaraan lapis baja, dibuat pada 1942 di gorkovski autozavod:

yangh asli indonesia :

.









Draw Something Melebihi Popularitas Angry Birds

Jika Anda berpikir bahwa Angry Birds adalah game untuk perangkat bergerak paling populer saat ini, menurut Zynga, Anda salah. Sebab, game untuk telepon seluler atau tablet yang kini paling banyak diunduh adalah Draw Something.

Ya, Draw Something merupakan game di perangkat bergerak dengan »pertumbuhan” paling tinggi. Dalam 50 hari, game ini sudah diunduh sebanyak 50 juta kali. Dalam satu detik, bisa ada 3.000 gambar yang dibuat dengan aplikasi ini.

Zynga, yang membeli Draw Something sekaligus mengakuisi perusahaan pengembang OMGPOP dengan nilai transaksi US$ 180 juta bulan lalu, bahkan berani mengklaim bahwa game ini merupakan game paling diminati sepanjang waktu.

Draw Something bisa dibilang merupakan game versi perangkat digital dari game klasik Pictionary. Sebab, cara memainkannya sangat mirip. Menurut Zynga, inilah game jejaring sosial menggambar pertama yang ada di berbagai perangkat bergerak.

Cara memainkannya sederhana. Anda diminta untuk menggambar apa saja sesuka hati. Lalu, unggah melalui jaringan Internet. Rekan Anda di perangkat lain harus menebak gambar apa itu. Jika benar, ada nilai yang didapat.

Nilai-nilai tersebut nantinya bisa digunakan untuk membeli beberapa keperluan untuk menggambar lainnya, semisal lebih banyak warna. Meski cukup sederhana, peminat game ini luar biasa.

Draw Something tersedia dalam versi berbayar maupun gratis untuk platform iOS dan Android. Khusus untuk Android, bisa dimainkan di perangkat apa saja, baik itu ponsel cerdas maupun tablet. Syaratnya harus sudah memiliki layar sentuh.

»Setelah berdiskusi panjang lebar dengan tim dari Zynga, kami sadar bahwa mereka sangat tertarik pada game ini. Lalu mereka menawarkan untuk mengembangkan lebih jauh Draw Something sebagai game jejaring sosial. Kami sepakat,” kata bos OMGPOP, Dan Porter.

Draw Something pertama kali muncul adalah di App Store. Namun Apple menyatakan belum punya data terperinci mengenai berapa jumlah pengunduh game ini sebenarnya. Apple mengaku belum bisa memverifikasi klaim yang dinyatakan Zynga tersebut.

Meski begitu, sukses Draw Something merebut perhatian para penggemar game dapat dilihat dari daftar game paling banyak diunduh di iPhone Apps. Di situ, Draw Something menempati posisi teratas bahkan mengalahkan sekuel terbaru Angry Birds buatan Rovio, yakni Angry Birds Space.

Dalam pernyataannya, Zynga menyebutkan, »Kami percaya Draw Something bukan hanya sebagai game perangkat bergerak dengan pertumbuhan tercepat dengan menembus angka 50 juta dalam 50 hari, tapi juga sebagai game paling menakjubkan yang pernah kita lihat.”

Zynga, pengembang social game populer Farmville di Facebook, mengklaim bahwa lebih dari 6 miliar gambar sudah diciptakan melalui aplikasi ini. Padahal, pada hari pertama diluncurkan, hanya ada tiga gambar yang masuk.

Saking banyaknya yang memainkan game ini, para ahli keamanan Internet mewanti-wanti agar para gamer lebih berhati-hati. Kini muncul penipuan yang memanfaatkan popularitas Draw Something, seperti iming-iming hadiah melalui situs jejaring sosial Twitter.

Draw Something memang mengasyikkan. Meski Anda tak mahir menggambar, Anda tetap bisa memainkan game ini, yakni jadi penebak gambar yang teman Anda kirimkan. Jadi Draw Something atau Angry Birds?

sumber: http://id.berita.yahoo.com/popularit...143224480.html

Dari Kaskuser :
Dan kalo agan masih berpikir, apa bagusnya sih game yg cuma ngegambar trus nyuruh temen kita utk nebak gambar kita?, ada baiknya agan cobain dulu gamenya biar bisa ngerasain tantangannya ngegambar di layar touchscreen dan coba liat hasil gambar agan...
Sebagai perbandingan, agan bisa liat beberapa "amazing draw something pictures" dibawah agar agan bisa tau sekeren apa gambar yg bisa dibuat di game se-simple ini
Kalo agan punya gambar hasil karya agan sendiri di Draw Something, silahkan share disini, ntar ane tongolin di depan gan... tapi harus bagus ya gan...jangan kaya gambar ane ini ya gan






 
Copyright © 2014 Pintu Ceria - Happiness is not money. Designed by OddThemes