7. Ferrari/Shell: US$4,5 juta (Rp40,5 miliar)
Pada perayaan 60
tahun, iklan Ferrari/Shell menunjukkan sebuah mobil balap Ferrari sedang
berpacu di sejumlah lokasi terkenal di dunia seperti Colosseum dan Time
Square, New York.
Pada akhir iklan yang dibuat pada 2007, mobil balap tersebut berhenti untuk mengisi bahan bakar di sebuah stasiun pengisian bahan bakar milik Shell, untuk kemudian melanjutkan kembali perlombaan mengelilingi dunia.
6. Honda: US$6,2 juta (Rp55,8 miliar)
Iklan ini merupakan bagian promosi dari produk mobil Honda Accord dan
dibuat pada 2003. Uniknya, iklan ini sama sekali tidak menggunakan
bantuan teknologi komputer. Langkah itu pula yang menyebabkan iklan ini
begitu sangat mahal.
Untuk membuat iklan ini dibutuhkan 606 kali pengambilan gambar untuk
menjamin iklan sempurna dari awal sampai akhir. Dalam pembuatannya,
seluruh bagian dari mobil Honda terlihat diletakkan dalam sebuah lantai
dan mendorong satu sama lainnya secara beruntun. Pada ujung, dari
tumbukan bagian mobil itu, terlihat sebuah mobil Honda terparkir.
Pada akhir iklan, muncul kalimat "Tidakkah menyenangkan ketika sesuatu berjalan dengan baik?"
5. Pepsi: US$8,1 juta (Rp72,9 miliar)
Iklan berdurasi 90 detik yang pertama kali ditayangkan pada 2002 di
acara Superbowl ini, menampilkan aktris Hollywood Britney Spears yang
menampilkan sejarah minuman bersoda ini selama lima dekade terakhir.
Britney Spears tampil dengan berganti kostum beberapa kali untuk
menyesuaikan dengan kondisi pada tahun tertentu. Di setiap dekade itu,
Britney selalu mengucapkan tagline iklan yang dibuat pada 2002 itu
dengan kalimat, "Untuk mereka yang berpikir muda."
4. Chrysler: US$12 juta (Rp108 miliar)
Iklan yang tayang pertama kali pada pertandingan Superbowl pada 2011 ini
menampilkan Eminem sebagai bintang iklan. Iklan ini mengambil setting
lokasi di Detroit yang merupakan pusat pembuatan mobil.
Eminen dalam iklan itu berakting sedang mengendarai kendaraan tersebut
denganbacksound lagu Lose Yourself dan berhenti di Teater Fox. Iklan ini
ditutup dengan sebuah tagline, "Diimpor dari Detroit."
3. Aviva: US$13,4 juta (Rp120,6 miliar)
Aviva merupakan produk asuransi dari salah satu perusahaan di Inggris.
Untuk mempromosikan pergantian nama dari sebelumnya Norwich Union, pada
2008 perusahaan mempromosikan nama barunya tersebut.
Iklan ini banyak menampilkan nama-nama tenar seperti Bruce Willis, Dame
Edna, Ringo Starr, Elle Macpherson, dan Alice Cooper. Seperti Aviva,
artis-artis yang terlibat dalam iklan ini telah mengubah nama aslinya
sebagai bagian dari karier mereka.
2.Guinness: US$16 juta (Rp144 miliar)
Untuk memperingati perayaan ulang tahun perusahaan ke-80, Guinness
membiayai pembuatan iklan "Tipping Point" yang menggambarkan kolaborasi
penduduk di kota kecil Argentina yang menyusun domino yang akan
menjatuhkan buku, kotak cat, kulkas, bahkan tumpukan mobil di sebuah
jalan.
Pada bagian akhir iklan yang dibuat pada 2007 ini, tumbukan susunan peralatan itu membentuk sebuah galon Guinness.
1. Chanel: US$33 juta (Rp297 miliar)
Iklan berdurasi dua menit ini disutradarai oleh Baz Lurhrmann dan
menampilkan aktris Nicole Kidman yang berperan sebagai artis yang tengah
dikejar-kejar oleh paparazzi. Hampir sama seperti film yang dibuat
Lurhrmann berjudul Moulin Rouge, Nicole kemudian masuk ke dalam sebuah
taksi yang di dalamnya sudah ada penumpang pria yang merupakan penulis
muda. Kedua manusia ini akhirnya jatuh cinta.
Dalam iklan yang tayang pertama kali pada 2004 ini, Kidman dikabarkan
menerima bayaran sebesar US$3 juta setara dengan Rp18 miliar.
Post a Comment